Review: Seagate FireCuda 2TB (Flash Accelerated Drive)

Jika Anda ingin meningkatkan kapasitas penyimpanan internal pada PC, Anda mempunyai beberapa pilihan. Pilihan yang paling populer saat ini adalah solid state drive (SSD). Drive ini mampu melakukan proses data yang sangat tinggi, memungkinkan Anda menangani transfer file yang besar dengan mudah dan cepat. Di sisi lain, perangkat penyimpanan dengan sistem mekanik (hard disk atau sering disebut HDD) masih banyak digunakan. Drive ini menawarkan harga yang lebih murah dari perangkat penyimpanan lainnya, dengan jumlah yang tentunya lebih besar penyimpanannya. Bila Anda mempertimbangkan harga yang Anda bayar per gigabyte (GB) data, hard disk pada umumnya jauh lebih murah dari pada solid state drive (SSD).

Seagate FireCuda 2TB

Apabila sebuah solid state drive (SSD) masih tergolong mahal untuk Anda, pilihan yang tepat saat ini adalah Flash Accelerated Drive atau Hybrid drive. Hybrid drive merupakan sebuah hard disk yang memiliki SSD dengan kapasitas kecil untuk digunakan sebagai cache (media penyimpanan sementara). Saat ini Seagate mempunyai produk hybrid drive baru yang diberi nama Seagate FireCuda. Seagate FireCuda memadukan teknologi flash NAND terbaru dengan hard disk konvensional untuk perpaduan kapasitas yang ringkas dan dapat mempercepat proses data lebih cepat dari hard disk konvensional.

Seagate FireCuda 2TB

Lalu bagaimana cara kerja Hybrid drive ini? Hybrid drive hampir sama seperti hard disk yang Anda gunakan saat ini, tetapi drive ini memiliki sejumlah besar ruang penyimpanan pada piringan-piringan (platter), namun juga menggunakan sejumlah kecil ruang SSD. Ruang SSD ini tidak dapat digunakan untuk penyimpanan data Anda sebagai drive, namun digunakan sebagai ruang penyimpanan sementara berkecepatan tinggi untuk menempatkan file Anda yang paling banyak diakses. Anggap saja seperti laci paling atas di lemari arsip. Anda dapat memasukkan semua file yang Anda butuhkan untuk akses cepat di sana, sementara file yang Anda simpan pada drive akan berada di piringan-piringan (platter) hard disk-nya.

What-is-hybrid-drive-How-does-it-work

Berikut spesifikasi Seagate FireCuda yang kami terima:

Specification Seagate FireCuda 3.5-inch 2TB
Model Numbers ST2000DX002
Interface SATA 6Gb/s NCQ
Form Factor (in) 3.5
DRAM Cache 64MB
NAND Cache Type/Size MLC/8GB
Operating Power (W) 6.7
Warranty (years) 5 years

Dukungan Perangkat Lunak & Aplikasi

Seagate memberikan 2 aplikasi secara gartis untuk mendukung produk internal drive-nya yang dapat di download di sini

SeaTools for Windows

Seagate SeaTools for Windows

SeaTools for Windows ini memungkinkan Anda melakukan diagnosis hard disk. Informasi lebih lengkap mengenai bagaimana cara menggunakan software tersebut bisa Anda dapatkan di sini. Software tidak harus di install pada saat Anda menggunakan hard disk dari Seagate ini.

DiscWizard

Seagate DiscWizard

Software DiscWizard dapat melakukan backup atau melakukan cloning hard disk apabila Anda ingin memindahkan ke hard disk baru yang lebih besar kapasitasnya. Apabila Anda ingin melakukan cloning sistem operasi ke hard disk yang baru, lihat link ini untuk mendapatkan informasi lengkap bagaimana melakukan dengan benar.

Unboxing & Cara Pengujian

Seagate FireCuda 2TB yang kami terima masih dalam kondisi tersegel sebuah plastik antistatis yang sangat sederhana. Pada saat dikirim, hard disk hybrid ini dibungkus dengan bubble wrap yang tebal dan packing kayu untuk menjamin keamanan hard disk ini tiba di tempat kami.

Seagate FireCuda 2TB

Pada paket penjualannya, Anda akan mendapatkan sebuah hard disk hybrid saja tanpa tambahan baut atau lainnya. Kami langsung melakukan pemasangan di dalam casing komputer dengan menyambungkan kabel SATA dan kabel power pada hard disk hybrid ini.

Seagate FireCuda 2TB

Berikut spesifikasi hardware komputer yang kami gunakan dalam pengujian ini:

Processor Intel Core i7-4790K (Default)
Motherboard Asus Maximus VII Formula
Memory G.SKILL Ripjaws Z F3-1866C10Q-32GZM
VGA Zotac GTX 980Ti AMP Extreme (SLI)
PSU Corsair HX1050
Cooling Custom EKWB Water Cooling Loop
Casing Corsair Obsidian 900D

Ahmandonk PC

Untuk mendukung pengujian Seagate FireCuda ini, kami menggunakan software/perangkat lunak sebagai berikut:

  • Microsoft Windows 10 Enterprise (latest update)
  • NVIDIA’s GeForce WHQL 385.05 drivers (latest update)
  • CrystalDiskMark 5.1.2 x64
  • HD Tune Pro Version 5.60 (Trial)

Pada saat pengujian, kami menggunakan SSD sebagai operating system drive. Selain itu kami mempunyai 2 drive lain yang dapat digunakan sebagai pembanding hasilnya nanti. Untuk daftar SSD dan HDD yang kami gunakan sebagai berikut:

SSD 1 (C:) Sandisk Extreme II 240GB
SSD 2 (E:) 2 x Sandisk Ultra II 240GB (RAID 0)
HDD 1 (D:) WDC Red 2TB
HDD 2 (K:) Seagate FireCuda 2TB

Pengujian

CrystalDiskMark - Seagate FireCudaCrystalDiskMark – Seagate FireCuda 2TB

CrystalDiskMark – WDC Red 2TB

CrystalDiskMark – Sandisk Extreme II 240GB

CrystalDiskMark – Sandisk Ultra II 240GB (RAID 0)

HD Tune Pro – Seagate FireCuda 2TB

HD Tune Pro – WDC Red 2TB

HD Tune Pro – Sandisk Extreme II 240GB

HD Tune Pro – Sandisk Ultra II 240GB (RAID 0)

Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih dekat dengan penggunaan sehari-hari, kami melakukan pengujian copy file sebesar kurang lebih 8GB dari SSD RAID0 ke Seagate FireCuda & WDC Red untuk mendapatkan kecepatan baca/read secara maksimal dari SSD RAID0 tersebut dan kecepatan maksimal tulis/write dikedua drive yang ingin kami uji tersebut.

Pengujian Transfer Data – RAID0 ke Seagate FireCuda 2TB

Pengujian Transfer Data – RAID0 ke WDC Red 2TB

Kesimpulan

Seagate FireCuda 2TB

Jika Anda membutuhkan hard disk dengan kecepatan yang lebih cepat dari sebuah hard disk biasa/konvensional, Seagate FireCuda bisa menjadi solusi untuk meningkatkan performa kinerja PC Anda. Pada kasus lain, saat ini banyak pengguna yang ingin melakukan upgrade media penyimpanan PC menjadi solid state drive (SSD), tetapi terhalang dengan biaya upgrade-nya (baca: SSD jauh lebih mahal). Flash Accelerated Drive ini menjadi pilihan yang tepat karena kesimbangan antara harga, jumlah kapasitas GB, serta performa yang didapat. Selain itu Seagate FireCuda juga cocok untuk pengguna yang mempunyai ruang pemasangan hard disk yang terbatas pada casing dengan dimensi yang kecil/sempit atau mempunyai keterbatasan slot SATA pada motherboard.

Kelebihan:
+ Garansi 5 Tahun
+ Performa lebih baik
+ Cache besar (MLC 8GB)
+ Suhu operasional relatif dingin
+ Hemat Daya

Kekurangan:
– Harga lebih mahal dari HDD konvensional
– Pilihan kapasitas terbatas

Leave a Reply

%d bloggers like this: