Cara Membuat e-Paspor di Indonesia

Kantor Imigrasi Jakarta Selatan

Bulan Juli kemarin, pada libur lebaran saya berkesempatan pulang ke Jakarta karena kegiatan kantor di medan sedang libur. Momen ini saya gunakan untuk berlibur bersama keluarga, mengurus BPJS orang tua dan melakukan pendaftaran e-paspor. Paspor saya sekarang memang masih berlaku hingga Desember 2018, berhubung ada rencana berlibur ke Jepang, maka saya memilih menggunakan e-paspor agar lebih mudah dalam mendapatkan visa jepang. Apabila Anda tidak menggunakan e-Paspor, maka pada saat pengajuan visa jepang membutuhkan banyak persyaratan. Bila menggunakan e-paspor, anda cukup mengajukan dengan form pembebasan biaya visa. Tanpa panjang lebar mengenai pengajuan visa jepang, berikut saya rangkum cara mendapatkan atau mengganti paspor lama Anda menjadi e-Paspor!

  1. Berhubung pengajuan pendaftaran e-paspor atau pergantian paspor lama belum dapat dilayani melalui online, maka anda harus datang pagi-pagi bahkan subuh-subuh ke kantor imigrasi kelas 1 yang sudah dapat menerbitkan e-paspor. Pada tahapan ini, saya berangkat dari rumah cibubur jam 03.30 pagi, dan tiba di Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Selatan di Mampang, Warung Buncit pada pukul 04.00. Pada antrian yang sudah berlangsung di luar kantor imigrasi, saya mendapatkan urutan nomor 10 sesuai jumlah orang yang berdiri didepan pagar tersebut. Sekedar tips, sebaiknya anda membawa bekal makanan dan minuman agar bisa tetap survive selama antri, kemarin itu saya belanja di 7/11 (lokasinya berada di sebelum kantor imigrasi, depan Total Buah) membeli nasi, roti, buah, dan air minum secukupnya.
Antri diluar pagar Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Selatan (Pukul 04.01)

Antri diluar pagar Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Selatan (Pukul 04.01)

  1. Setelah 1 jam menunggu, sekitar jam 05.10, pagar kantor imigrasi pun dibuka oleh petugas keamanan, dan kami diminta untuk masuk perlahan-lahan dengan tertib menuju line antrian yang tersedia pada luar gedung imigrasi tersebut. Pada tahapan ini saya mendapatkan antrian nomor 12, dikarenakan depan saya ada yang membawa anaknya.
Berdiri Antri di Depan Kantor Imigrasi

Berdiri Antri di Depan Kantor Imigrasi

  1. Jumlah kuota yang disediakan per hari oleh Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Selatan adalah berjumlah 100 walk in, 100 online, dan 30 lansia. Pada antrian di luar gedung ini banyak orang yang duduk-duduk di lantai bahkan saling bergantian menitipkan antrian agar bisa memarkirkan kendaraan baik mobil dan motor yang sebelumnya terparkir diluar pagar kantor imigrasi. Selain itu ada yang bergantian pergi ke Toilet.
Duduk sesuai nomor antrian

Duduk sesuai nomor antrian

  1. Sekitar pukul 07.30, petugas imigrasi memberikan sedikit arahan mengenai antrian, prosedur pendaftaran, persyaratan yang dibutuhkan, dan informasi tambahan. Pukul 08.10 antrian pertama dipanggil masuk per 10 orang ke lantai 2 untuk melakukan pengecekan dokumen-dokumen sebagai persyaratan pembuatan paspor. Counter yang tersedia berjumlah 2 counter, dan Anda akan mendapatkan kertas nomor antrian, map kuning, dan formulir pendaftaran. Jangan lupa meminta cap E-PASPOR di map kuning tersebut agar diproses pembuatan e-paspornya.
Map Kuning & Formulir yang disediakan setelah mendapatkan nomor antrian didalam gedung.

Map Kuning & Formulir yang disediakan setelah mendapatkan nomor antrian didalam gedung.

  1. Berhubung saya melakukan pendaftaran paspor secara walk-in, maka saya diharuskan mengisi formulir pendaftaran sebanyak 1 lembar (depan dan belakang). Disini anda dapat duduk di ruang tunggu yang telah disediakan. Sebaiknya Anda telah membawa fotocopy dokumen dokumen yang dibutuhkan 1 hari sebelumnya, agar terhindar dari antrian fotocopy di koperasi.
Mengisi Formulir dan Meminta Cap E-Paspor pada saat mendapatkan formulir ini.

Mengisi Formulir dan Meminta Cap E-Paspor pada saat mendapatkan formulir ini.

  1. Setelah menunggu sekitar 1 jam, akhirnya nomor antrian saya dipanggil juga, saya duduk didepan petugas yang melakukan digitalisasi dokumen-dokumen yang saya bawa, serta sedikit interview mengenai pendaftaran e-paspor. Jangan takut pada tahapan ini, jujur lah dalam menjawab setiap pertanyaan.
Antrian Interview & Foto

Antrian Interview & Foto

  1. Tahapan selanjutnya adalah foto dan pengambilan 10 sidik jari. Anda juga akan diberikan kesempatan untuk melihat data-data yang sudah di input masuk ke sistem, apakah sudah benar atau tidak. Bila sudah lengkap dan benar, anda akan diberikan selembar kertas untuk melalukan pembayaran ke Bank BNI serta dijelaskan cara pengambilan paspornya.
Bukti Pengantar Pembayaran ke Bank BNI

Bukti Pengantar Pembayaran ke Bank BNI

  1. Sekitar pukul 09.45 proses pendaftaran e-paspor selesai.
  2. Pembayaran melalui ATM BNI baru dapat dilakukan diatas jam 14.00, dikarenakan data dari kantor imigrasi baru diserahkan ke Bank BNI sekitar jam tersebut.

  3. Setelah melakukan pembayaran di ATM, simpan struk pembayaran, dan jangan lupa melakukan fotocopy kertas tersebut sebanyak 2-3 copy untuk persyaratan pengambilan paspor.

Pembayaran dilakukan melalui ATM Bank BNI, dan akan mendapat struk seperti ini.

Pembayaran dilakukan melalui ATM Bank BNI, dan akan mendapat struk seperti ini.

  1. E-Paspor dapat diambil 5 hari kerja setelah pembayaran ke Bank.
  • Setelah menunggu 5 hari kerja, Anda cukup datang kembali ke Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Selatan, antrian pengambilan Paspor berlangsung dari jam 10.00. Sebaiknya Anda sudah datang dari jam 09.00 agar mendapatkan atrian awal-awal.

  • Nomor Antrian Pengambilan Paspor

    Nomor Antrian Pengambilan Paspor

    1. Antrian mulai di panggil 1 per 1 sejak pukul 10.15
    Suasana Antrian di Kantor Imigrasi

    Suasana Antrian di Kantor Imigrasi

    1. Hasilnya seperti ini! yey paspor lama Anda dan e-paspor Anda sudah jadi!!
    Paspor Lama yang dikembalikan

    Paspor Lama yang dikembalikan

    E-Paspor Baru!!

    E-Paspor Baru!!

    Halaman Utama E-Paspor

    Halaman Utama E-Paspor

    Informasi Tambahan Mengenai Pendaftaran Paspor:
    http://jakartaselatan.imigrasi.go.id/
    http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/paspor-biasa

    31 Comments

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: