Tips Bertelepon Genggam di Bangkok

By | February 27, 2012

Ketika Anda melakukan perjalanan, terutama perjalanan bisnis, Anda perlu tetap dapat dihubungi. Tentu saja hotel yang Anda tempati merupakan tempat utama yang dapat dikontak, namun ketika Anda berpindah dari satu rapat ke rapat lain di berbagai tempat tentu Anda jadi sulit dikontak.

Ketika menggunakan telepon genggam di luar negeri Anda memiliki dua pilihan -pertama tetap menggunakan kartu SIM Anda, jika service provider Anda punya layanan roaming dan Anda mengaktifkan layanan tersebut. Pilihan lain adalah membeli layanan lokal dengan membeli nomor setempat dan Anda akan membayar sesuai biaya lokal.

Kerugian besar menggunakan roaming adalah mahalnya biaya menelepon dan tentu juga charge yang dikenakan ketika seseorang menelepon Anda. Misalnya, Anda sedang di Bangkok untuk keperluan bisnis dan ada janji pertemuan jam 11 pagi. Bila orang yang hendak Anda temui ingin mengubah waktu pertemuan maka ia harus menelepon nomor internasional Anda, sehingga jika kartu SIM Anda dari Indonesia, mitra bisnis Anda perlu melakukan sambungan ke Indonesia dan membayar untuk itu, Anda pun harus membayar bagian dari telepon yang diarahkan dari Indonesia ke Bangkok. Benar-benar kekacauan yang mahal!

Oleh sebab itu, pilihan termudah dan termurah adalah membeli nomor lokal untuk mengganti kartu SIM Anda. Dengan melakukan hal ini, orang yang hendak mengubah waktu pertemuan cukup menelepon nomor lokal Anda dan Anda tidak perlu membayar apapun. Plus, bila menelepon, Anda akan membayar dengan harga lokal sehingga tidak rugi.

Men-set layanan SIM card baru ke telepon genggam Anda di Bangkok merupakan hal yang mudah, dan hanya butuh waktu beberapa menit. Yang Anda butuhkan hanya telepon geggam Anda, paspor dan uang untuk membeli kartu tersebut.

Ada banyak service provider di Bangkok yang menawarkan layanan kartu SIM, dengan jasa layanan yang kurang lebih sama namun dengan variasi harga layanan yang berbeda, jadi terserah Anda untuk memutuskan mana yang lebih baik bagi Anda. Service provider terbesar adalah TrueMove, Happy, dan DTAC, ada pula yang lain.

Sebagaimana telah dikemukakan, kedua layanan ini hampir sama dan nomor kartu SIM yang Anda miliki akan valid hingga enam bulan. Ini baik sekali karena itu berarti bila Anda kembali ke Bangkok nomor tersebut bisa tetap digunakan dan Anda dapat bagikan pada kontak-kontak Anda degan keyakinan bahwa nomor tersebut tidak akan berganti.

Yang perlu Anda lakukan hanya menambah pulsa kartu sedikitnya sekali dalam enam bulan dan dari tanggal Anda menambah pulsa, kartu SIM dan nomor anda akan berlaku hingga enam bulan ke depan. Jika Anda menambah pulsa pada bulan kelima maka kartu dan nomor tersebut akan valid untuk enam bulan lagi.

Bangkok telah maju selangkah dibanding negara lain dalam hal pembayaran jasa layanan. Anda bahkan dapat melakukan top up atau dapat menambah pulsa dari luar negeri. Agar bisa melakukan hal ini Anda sebaiknya membeli kartu top up ketika Anda membeli kartu SIM. Namun Anda perlu tahu masa berlaku kartu top up Anda, pastikan Anda punya masa valid yang paling lama. Hal ini untuk memastikan fleksibilitas Anda dan kepastian Anda tidak akan kehilangan nomor tersebut jika Anda tidak mengunjungi Bangkok dalam jangka waktu tertentu. Layanan lain yang akan menguntungkan Anda ketika Anda memilih menggunakan kartu SIM lokal untuk telepon genggam Anda di Bangkok adalah voice mail, roaming, SMS, WAP access, telepon lokal dan internasional, caller ID, call transfer, call waiting, call barring, dan nomor darurat yang dapat dihubungi.

Jika anda bertanya-tanya mengapa untuk membeli kartu SIM saja Anda perlu membawa paspor. Alasannya sederhana
namun amat penting. Identitas Anda atau nomor paspor tersebut akan digunakan bila telepon Anda dicuri, hilang atau kartu SIM Anda rusak. Jika hal-hal di atas terjadi, Anda dapat mentransfer nomor Anda ke nomor kartu SIM yang baru dan nomor lama Anda akan dimatikan.

Pada kunjungan awal tahun 2012, saya memilih TrueMove untuk saya pakai di blackberry dan samsung galaxy tab saya. Paket yang saya ambil untuk blackberry saya adalah aktif 3 hari blackberry service dengan biaya 70 baht/3 hari full BIS, dan untuk samsung galaxy tab saya, saya mengambil paket unlimited per hari dengan biaya 49 baht/hari. Untuk perdana nya, kita harus merogoh kocek sebesar 199baht… Untuk pembelian nomor, dapat dilakukan pada arrival hall Suvarnabhumi Airport.

Source:

http://www.truemove.com/en/wifi-edge-gprs-package.htm

http://www.truemove.com/blackberry/en/pre_pay.aspx

Be Sociable, Share!

One thought on “Tips Bertelepon Genggam di Bangkok

  1. retna

    Kalau kita mnta bantuan yg jual untuk mengkatifkan kartu plus mengkatifkan blackberry bs jg kan? Utk BlackBerry tipe Q10 ga masalah kan ya. Mohon infonya thank u

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *