Review: TP-Link TL-MR3420 – 3G/3.75G Wireless N Router

Setelah mempunyai router ini selama hampir 3 minggu, akhirnya saya bisa menuliskan review ini buat rekan-rekan sekalian. Pada tahun lalu, saya memang berencana membeli router ini, tetapi karena alasan budget dan router-router yang telah saya miliki, jadi saya tidak terlalu ingin membeli router USB. Pada desember 2012, saya mencoba mendaftar smartfren evdo rev B, dan hasilnya cukup memuaskan, tapi sayang sekali koneksi tersebut tidak dapat saya share ke perangkat-perangkat wifi saya karena keterbatasan router yang ada. awal tahun 2012, saya berniat membeli router ini dan disambungkan ke smartfren evdo rev b AC2791 dari ZTE.

Tanpa berpanjang lebar, kita langsung membahas paket penjualan dari produk ini. Paket penjualannya sebenarnya mirip-mirip dengan perangkat router lainnya. Didalamnya akan kita temukan Router, Adaptor, Buku manual, cd, 2 antena yang belum terpasang dan kabel UTP. saya lansung melakukan pemasangan antena, dan menyalakan router tersebut dan tentunya tidak lupa memasang modem usb saya. Berhubung saya sudah membaca-baca kompatibel router ini dengan modem usb AC2791, maka saya langsung melakukan upgrade firmware ke yang disarankan teman-teman di kaskus.

Koneksi internet berhasil di sharing setelah 2 menit router ini hidup, kekurangan yang saya rasakan adalah router ini cepat panas di bagian tengah perangkat router ini, solusi yang dapat kita coba adalah dengan cara memberikan laptop cooler dari bawah atau kipas kecil dari samping. Secara keseluruhan, router ini layak beli dan pas dikantong….

11 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: