The Tourist

Sinopsis:
Bertemu seorang wanita cantik di dalam kereta api bisa jadi adalah awal sebuah liburan romantis di Italia. Tapi jangan terburu yakin dulu karena bisa jadi juga ini adalah awal dari serentetan malapetaka yang bakal terjadi. Setidaknya, yang terakhir inilah yang dialami oleh Frank Tupelo (Johnny Depp) saat ia berangkat berlibur ke Italia.

Saat dalam kereta, dalam perjalanan, Frank bertemu seorang wanita cantik bernama Elise Ward (Angelina Jolie). Dari percakapan basa-basi, keduanya mulai semakin akrab. Buat Frank, ini adalah kesempatan buat melupakan patah hati yang baru saja ia alami, apalagi Elise sepertinya juga membuka peluang untuk sebuah hubungan romantis. Tanpa sepengetahuan Frank, Elise ternyata punya agenda sendiri.

Elise adalah kekasih seorang penjahat besar yang jadi buronan di empat belas negara. Tak ada orang yang tahu siapa penjahat yang dikenal dengan nama Alexander Pearce ini. Tak seorang pun bisa mengenali wajahnya. Sayangnya, polisi sudah menyiapkan jebakan. Polisi tahu kalau Alexander tak akan pernah lama jauh dari Elise dan karena itu Alexander meminta Elise mendekati seorang pria agar polisi mengira kalau pria itu adalah Alexander.

Review
Apa lagi yang kurang? Film ini mengambil lokasi syuting di Venice dan Paris yang jelas adalah dua tempat terindah di dunia ini. Dua tokoh utama dalam film ini adalah aktor dan aktris yang bisa dibilang paling hot belakangan ini. Selain itu masih ada nama-nama besar lain yang menjadi pendukung film ini. Sang sutradara sempat mendapatkan penghargaan Oscar dan film ini juga diadaptasi dari film berjudul ANTHONY ZIMMER yang mendapat pujian dari kritikus film.

Sayangnya, kemenangan di atas kertas ini tak bisa ditransfer dengan baik ke layar. Yang pasti banyak karakter yang sebenarnya penting, termasuk Frank dan Elise yang sepertinya tak terbentuk dengan baik. Bisa jadi naskah memang tak memberikan cukup ruang buat para aktornya untuk mengembangkan karakter namun yang pasti chemistry antara Depp dan Jolie adalah salah satu yang paling mengganggu di antara masalah yang ada pada film ini. Parahnya lagi, dialog yang ada juga sepertinya tak banyak membantu membuat film ini jadi lebih menarik daripada sekedar tontonan visual semata.

Meski sedikit membingungkan rasanya menonton ANTHONY ZIMMER masih lebih memuaskan ketimbang menyaksikan THE TOURIST ini.

Genre : Comedy
Release Date : December 10, 2010
Director : Florian Henckel von Donnersmarck
Script : Florian Henckel von Donnersmarck, Christopher McQuarrie, Julian Fellowes
Producer : Graham King, Tim Headington, Roger Birnbaum, Gary Barber, Jonathan Glickman
Distributor : Columbia Pictures
Duration : 103 minutes
Budget : US$100 million
Official Site : www.thetourist-movie.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: