Megamind

Sinopsis
Seluruh penghuni Metro City tahu siapa Megamind (Will Ferrell). Penjahat super yang penuh dengan tipu daya ini memang selalu mengancam seluruh isi kota Metro. Kalau tak ada Metro Man (Brad Pitt), entah apa jadinya Metro City. Sayangnya, keadaan akan segera berubah. Tak ada lagi yang akan membela penghuni Metro City karena Megamind punya rencana keji untuk menghabisi Metro Man.

Dengan rencana yang matang, rencana menghabisi Metro Man pun berhasil dan kini warga Metro City tak lagi punya superhero yang akan melindungi mereka. Celakanya, berhasil membunuh Metro Man ternyata malah mendatangkan masalah baru buat Megamind. Tanpa Metro Man, artinya tak ada lagi yang bisa menghalangi Megamind. Kini, Megamind seolah kehilangan tujuan hidup.

Megamind memang bukan sembarang penjahat super. Ia jenius dan tak mudah menyerah. Tak ingin kehilangan tujuan hidup, Megamind pun menciptakan seorang superhero baru yang punya kekuatan jauh lebih hebat dari Metro Man. Megamind menyebutnya Titan (Jonah Hill). Tapi tak lama kemudian, masalah baru datang. Titan bosan menjadi superhero dan bermaksud menjadi penjahat super seperti Megamind. Bedanya, kalau Megamind bermaksud menguasai dunia, Titan justru bermaksud memusnahkannya. Sekarang, peran jadi berbalik, Megamind harus berusaha sekuat tenaga untuk mencegah niat buruk Titan.

Review
Ada apa dengan para superhero? Sepertinya belakangan ini memang makin banyak saja film yang mengangkat tema para pembela kebenaran. Selain munculnya superhero-superhero lawas seperti Batman dan Superman, masih bermunculan superhero Marvel yang bakal menghiasi layar perak sampai beberapa tahun ke depan. Di luar itu, masih ada beberapa superhero alternatif seperti Hancock dan kali ini muncul film bertema sama meski alur yang ditawarkan sama sekali menyimpang dari pakem film superhero.

MEGAMIND memang mengingatkan pada film DESPICABLE ME yang dilansir Universal Pictures tahun ini juga. Meski tak sama persis namun alur yang ditawarkan nyaris sama, tokoh antagonis yang pada akhirnya beralih pihak menjadi tokoh antagonis. Namun justru inilah kekuatan MEGAMIND dengan konsep yang dulu nyaris mustahil ini Tom McGrath, sang sutradara berhasil menyajikannya sebagai hiburan yang layak dikonsumsi seluruh keluarga.

Pada dasarnya naskah film ini sendiri memang sudah cukup kuat jadi tak terlalu sulit rasanya buat Tom untuk membuat visualisasi yang pas dari naskah karya duo Alan J. Schoolcraft dan Brent Simons ini. Selain itu, tentu saja peran para pengisi suara seperti Will Ferrell, Tina Fey, Justin Long, Jonah Hill, sampai Brad Pitt yang sebenarnya hanya kebagian peran kecil pun sangat memuaskan. Masing-masing mampu menghembuskan roh ke dalam karakter animasi yang dibuat oleh DreamWorks Animation dan Pacific Data Images ini. Soal animasi, sepertinya tak ada yang perlu dikeluhkan dari hasil kerja keras DreamWorks ini.

Genre : Animation
Release Date : November 5, 2010
Director : Tom McGrath
Script : Alan J. Schoolcraft, Brent Simons
Producer : Lara Breay, Ben Stiller, Denise Nolan Cascino
Distributor : Paramount Pictures
Duration : 96 minutes
Budget : US$150 million
Official Site : www.megamindmovie.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: