Baru Cina

(Artemisia argyi Levl. et Vant.)
Famili: Compositae (Asteraceae)

a. Uraian tumbuhan
Baru CinaTerna menahun, tegak, tinggi mencapai 1 m. Herba berbau tajam ini tumbuh liar atau ditanam di pekarangan sebagai tumbuhan obat, pada ketinggian hingga 3.000 m dpl. Herba setengah berkayu ini bercabang banyak dan beralur. Daun berseling, berbentuk bulat telur, tepi berbagi menjari, ujung runcing, berwarna hijau, berambut halus. Bunganya majemuk malai, kecil-kecil, warna kuning muda, ke luar dari ketiak daun dan ujung tangkai.

b. Kandungan Kimia
Minyak menguap (cineol, phellandrene, alfa-thujone), asam kaprik, asam palmitat, asam stearat, tanin, hentriakontan, beta-kariophilene, transkarveol, l-alfaterpineol, trikosanol, asam arakinik, vitamin A, B1, B2, C, D, dan adenin.

c. Bagian yang digunakan
Daun (Artemisiae argyi Folium / ai ye / argy wormwood leaf). Di luar negri, daun ini sudah dibuat obat suntik, minyak, aerosol, dan tablet.

d. Sifat dan khasiat
Sifatnya pahit, pedas, hangat, masuk meridian ginjal, hati, dan limpa. Khasiatnya mengusir dingin, menghilangkan nyeri (analgetik), peluruh dahak, anti-asmatik, menghentikan perdarahan (hemostatik), membuyarkan sumbatan, mencegah keguguran, dan menormalkan siklus haid.

e. Indikasi
Kanker pada lambung, payudara, kelenjar gondok (tiroid), limfosarkoma, dan hiperplasia kelenjar payudara. Juga diindikasikan untuk pengobatan darah haid berlebihan, nyeri sewaktu haid (dismenore), haid tidak teratur, mencegah keguguran, gerak janin terlalu aktif, sakit tenggorokan, disentri, keputihan, mempermudah persalinan, susah punya anak, lemah syawat, ayan (epilepsi), hepatitis, prostatitis, bronkitis, asma, muntah darah, mimisan, dan perdarahan rektum. Pemakaian luar sebagai moksa digunakan untuk pengobatan gangguan lambung, nyeri sendi, eksim, gatal-gatal, dan bisul. Tumbukan daun digunakan untuk obat kutil (verruca vulgaris)

f. Cara pemakaian

  1. Daun segar 10–30 g direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air rebusan diminum sekaligus atau dibagi 2–3 bagian untuk satu hari.
  2. Obat suntik yang terbuat dari ramuan ini dapat disuntikkan sebanyak 2–4 ml secara intra muskular (im). Pemberian ini 4 kali sehari.
  3. Tablet berbahan baru cina dikonsumsi 3 kali sehari 1 tablet.

g. Efek farmakologi
Obat ini menghambat pertumbuhan sel HeLa, menghambat pertumbuhan beberapa bakteri patogen dan jamur (dermatomyces) secara in vitro.

f. Efek samping
Sekitar 30% pasien yang minum rebusan daun A. argyi mengeluh mulut kering, rasa tidak enak di lambung, mual, muntah, diare, dan pusing. Keluhan tersebut hilang bila menggunakan minyak daunnya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: