Menghindari Alergi

Alergi memang tidak bisa diobati. Namun jangan berkecil hati dulu. Kalau sudah triknya, mencegah alergi tidak terlalu sulit.

  • Cermati reaksi tubuh. Buatlah semacam buku harian yang berisi catatan makanan dan reaksinya terhadap tubuh. Jika ada makanan tertentu yang dicurigai, konsultasilah dengan dokter ahli alergi. Mutia, Pramandhita, dan Sally akhirnya bisa mengendalikan alerginya dengan cara ini.
  • Malnutrisi menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun sehingga lebih rentan terhadap alergi. Untuk mencegahnya, konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Untuk menghindari kekurangan atau kelebihan zat tertentu, variasikan jenis makanan sebanyak mungkin, lalu gunakan secara bergiliran sehingga asupan nutrisi ke dalam tubuh bisa saling melengkapi.
  • Proses pengolahan makanan juga mempengaruhi nutrisi yang terkandung di dalamnya. Untuk menghindari hilangnya nutrisi, jangan masak makanan terlalu lama atau menghangatkannya sampai berkali-kali. Serta, jangan biarkan makanan yang bersifat asam terkontak dengan perlengkapan masak berbahan logam. Peralatan masak berbahan aluminium sebaiknya dihindari.
  • Beberapa makanan yang juga dapat mengganggu fungsi otak, meskipun tidak melibatkan sistem imun (intoleransi) di antaranya salisilat, tartrazin (zat pewarna makanan), nitrat, amine, monosodium glutamat (MSG), dan bahan kimia lain yang banyak terdapat pada makanan olahan. Sebaiknya, sebisa mungkin konsumsi makanan segar dan kurangi konsumsi makana olahan.
  • Perkuat sistem kekebalan tubuh dengan menghindari stres.
  • Berolahragalah secara teratur. Olahraga akan memperlancar sistem metabolisme tubuh, membuang racun, sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Bila perlu, lalukan detoksifikasi.

Leave a Reply

%d bloggers like this: