Despicable Me

Di sebuah lingkungan tenang dan damai ada sebuah rumah berwarna hitam yang terlihat menyolok dibanding dengan rumah-rumah lain di sekitarnya. Namun itu belumlah seberapa karena Gru (Steve Carell), pria yang tinggal di dalamnya bukanlah sembarang pria. Gru punya rencana jahat untuk mencuri bulan.

Misi sudah ditentukan. Tekad sudah bulat dan Gru pun sudah mempersiapkan segala sesuatu yang akan ia perlukan dalam misi besar mencuri bulan ini. Di bawah rumahnya, Gru sudah mempersiapkan segala peralatan yang ia perlukan. Gru sudah mempersiapkan senjata untuk mengerutkan bulan. Gru sudah mempersiapkan senjata pembeku dan kendaraan dengan persenjataan penuh pun sudah dipersiapkan.

Celakanya, ada satu hal yang luput dari perkiraan Gru. Tiga orang anak yatim piatu datang dan segala rencana besar Gru terancam berantakan. Di mata Margo (Miranda Cosgrove), Edith (Dana Gaier), dan Agnes (Elsie Fisher); ketiga anak yatim piatu itu; Gru adalah figur ayah yang selama ini mereka cari. Tak pernah dalam hidup Gru ada seorang anak yang melihatnya sebagai figur seorang ayah.

Membuat film animasi memang gampang-gampang susah. Kebanyakan film animasi yang sukses pasti tak lepas dari campur tangan Pixar, yang lain hampir tak terdengar suaranya. Kini, Universal Studios mencoba peruntungannya di dunia animasi dengan meluncurkan film berjudul DESPICABLE ME ini dan nyatanya, film ini cukup sukses dan bukan tak mungkin bakal ada sekuel dari film ini.

Salah satu kunci suksesnya film ini adalah keberaniannya mengangkat karakter antagonis sebagai tokoh utama. Jarang ada film konsumsi anak-anak yang berani mengambil langkah ini. Yang kedua jelas adalah kepiawaian para animator Illumination Entertainment dalam menyuguhkan animasi yang cantik dan berkualitas tinggi.

Soal cerita sebenarnya mudah ditebak dan ini adalah kekurangan DESPICABLE ME bila dibanding dengan produk Pixar. Selebihnya, naskah film ini bisa dibilang cukup cerdas dengan bumbu humor fisik yang jelas lebih mudah diterjemahkan ke bahasa lain dan menjadi jaminan film ini bakal disukai di negara-negara yang tak menggunakan bahasa Inggris.

Pemilihan Steve Carell sebagai pengisi suara Gru pun sama sekali tidak salah. Steve mampu menerjemahkan karakter kompleks Gru ke dalam bentuk suara sekaligus menghidupkan karakter animasi yang punya masa lalu kelam ini. Hasilnya, sebuah tontonan yang layak jadi hiburan segar untuk seluruh keluarga.

Genre : Animation
Release Date : July 9, 2010
Director : Pierre Coffin, Chris Renaud
Script : Ken Daurio, Cinco Paul
Producer : John Cohen, Janet Healy, Chris Meledandri
Distributor : Universal Studios
Duration : 95 minutes
Budget : US$110 million
Official Site : despicable.me

Source: KapanLagi

Leave a Reply

%d bloggers like this: