BlackBerry Smart Bisa Roaming di 172 Negara

Pelanggan Smart Telecom masih bisa menggunakan telepon seluler maupun perangkat BlackBerry berbasis CDMA dual mode miliknya ketika sedang masuk zona jelajah roaming internasional di ratusan negara di dunia.

“Saat roaming internasional, pelanggan kami tetap bisa telepon dan SMS di jaringan 520 operator GSM di 214 negara dunia,” papar Division Head Core Product and Branding Smart Telecom, Ruby Hermanto, saat meluncurkan fitur layanan Roaming Internasional di FX Jakarta, Selasa (20/4/2010).

Bagi pelanggan Smart yang menggunakan data internet dan BlackBerry Internet Services (BIS), layanan roaming internasional juga bisa dioperasikan di jaringan milik mitra 383 operator yang tersebar di 172 negara.

Namun sayangnya, roaming untuk BlackBerry baru bisa untuk perangkat BlackBerry Tour saja yang sudah dual mode CDMA+GSM. “Hanya BlackBerry Tour resmi milik Smart saja yang sudah bisa. Untuk tipe lain atau perangkat non resmi belum bisa,” ungkap Ruby.

“Nanti, kami akan menyediakan RUIM khusus saat pelanggan mendaftarkan BlackBerry. Jika sudah dimasukkan ke slot kartu GSM, pelanggan bisa mengaktifkan kartu tersebut sesampainya di negara tujuan,” jelas dia lebih lanjut.

Smart sendiri telah membuka jalur prioritas untuk pendaftaran perangkat BlackBerry pascabayar melalui Galeri Smart hingga 30 April 2010. Pendaftaran layanan ini diprioritaskan untuk pelanggan sangat istimewa alias VVIP. “Pelanggan VVIP ini termasuk para pejabat, eksekutif penting, dan lainnya, yang profilnya tersimpan di database kami,” kata Ruby.

Sebelum bepergian ke negera tujuan, pelanggan juga harus mendepositokan uang sebanyak Rp 1 juta terlebih dulu. “Ini biasa dilakukan oleh semua operator di Indonesia. Saya kira buat mereka yang bepergian ke luar negeri, deposito sebesar itu bukan suatu masalah.”

Hingga kini trafik terbesar untuk sambungan komunikasi Internasional melalui jaringan Smart baru sebatas ke Singapura dan Malaysia. Meski demikian, Smart cukup optimistis layanan roaming internasionalnya cukup menjanjikan dan bisa melengkapi layanan komunikasi Smart, terutama di lingkup Internasional.

“Tidak selamanya kita hanya bermain di lingkup lokal saja. Ini upaya kami untuk memperkuat positioning BlackBerry Smart di Indonesia,” pungkas Ruby.

Source: DetikInet

Leave a Reply

%d bloggers like this: