Pengalaman tidak menyenangkan, membeli Crocs melalui Facebook di “Elsoft Shop”

Hari Rabu tanggal 22-23 Februari 2010 saya berniat membeli 2 buah Crocs. Semua nya memang berasal dari Facebook. Sebelum memastikan membeli produk ini, saya dan ce saya sudah melakukan survey ke beberapa toko online yang ada. kami telah memutuskan untuk membeli Crocs FLAT berwarna pink dan Crocs Blitzen berwarna chocolate skyblue, dari 2 toko online yang berbeda. Kronologis nya seperti ini.

  1. Saya menanyakan informasi mengenai ketersediaan produk dan ukuran pada 23 Feb 2010 malam melalui SMS.
  2. Saya mengorder produk Crocs FLAT Pink di toko “Elsoft Shop” melalui SMS.
  3. Penjual merespon dengan cepat dan transaksi pun terjadi.
  4. Saya melakukan pembayaran melalui internet banking BCA.
  5. Berhubung sudah malam, internet banking pun error, dan saya baru mendapat kabar bahwa crocs akan di kirim tanggal 24 Feb 2010.
  6. saya melakukan order Crocs Blitzen di toko Jagungturbo.com melalui YM pada tanggal 24 Feb 2010 Pagi.
  7. Transaksi pun terjadi dan pembayaran melalui internet banking BCA.
  8. Barang saya terima di kantor ce saya pada tanggal 25 Feb 2010.
  9. Barang yang tiba pertama kali adalah Crocs FLAT pink yang berasal dari “Elsoft Shop”, ce saya tidak terlalu perduli dengan bungkusan paket nya, dan di produk nya ada sedikit lekukan, tapi saya yakin itu masalah dari pengiriman… tapi gak ada masalah krn itu sendal dan akan terpakai dan mungkin bisa tertekuk juga. Tetapi ada 1 problem, barang yang diterima ini tanpa TAG!! tetapi tali TAG nya ada di sendal nya.
  10. Saya menghubungi pihak penjual dan penjual menyebutkan mungkin ada kesalahan/kelalaian dari pihak gudang. Untuk kasus ini saya tidak terlalu peduli dengan pihak ke-3 yang digunakan… berhubung saya membayar ke pihak penjual bukan pihak gudang. seharus nya pihak penjual bisa meng-clear-kan dan tidak menggunakan alasan pihak gudang. lalu saya meminta untuk meminta win-win solution agar pembeli pun puas. saya menawarkan untuk meminta TAG itu dikirim, tetapi pembeli malah menawarkan TAG itu akan dikirimkan pada order selanjut nya. Sampai disini mungkin Anda akan berpikiran sama dengan saya yaitu, tidak akan melakukan order lagi apabila problem ini tidak kelar. ya khan ? setelah itu saya membalas melalui blackberry messenger dengan statement “gimana mau tau crocs nya asli kalau TAG nya tidak ada ?” dan penjual pun tidak membalas nya siang itu. Berhubung saya sibuk dengan pekerjaan saya, saya tidak melanjutkan komunikasi melaui BBM tsb.
  11. Crocs kedua pun tiba pada hari yang sama. pertama-tama dilihat dari bungkus nya terlihat lumayan rapi dan isi nya lengkap!! hingga TAG-TAG nya lengkap. wah saya langsung di hubungi ce saya, bahwa dia melaporkan crocs kedua ini sangat bagus dan perlengkapannya ada semua. dan saya memberitahu, kita akan coba komplain sore itu juga setelah saya pulang dari kantor.
  12. jam kerja pun selesai, kami berdua bertemu dan saya melihat sendiri kondisi dari crocs nya. jujur aja, saya recommended untuk penjual crocs dari JAGUNGTURBO.COM!!! kasih jempol buat JAGUNGTURBO.COM deh!! tapi untuk Crocs yang satu nya lagi, saya cuma ingin mengkomplain sebagai pembeli.
  13. kami menyampaikan kekecewaan kami melalui facebook di berbagai tempat dengan menuliskan “Kecewa berat dengan Elsoft Shop : (Crocs FLAT PINK, datang tanpa dengan TAG!) untung nya ini transaksi pertama…. dan maaf ya… gak akan ada transaksi selanjut nya dan no recomended!!” saya rasa statement saya masuk akal dan tidak terlalu melebih-lebihkan dari yang ada.
  14. komplain saya dan ce saya sampaikan melalui BBM sore itu juga, dan kami hanya meminta crocs itu dikirim balik atau kita ketemuan untuk ditukar yang lain dengan TAG lengkap. tetapi penjual tidak terlalu merespon dengan baik, setelah ce saya ber-BBM cukup lama akhir nya setelah kami pakai acara diancam di tuntut lah, minta crocs nya di balikan dalam waktu 1 x 24 jam lah (orang bodoh kali ya ? gak tau besok tanggal merah begitu).
  15. sore itu juga saya dan ce saya berkeputusan tidak melanjutkan komunikasi dengan penjual tsb yang agak “aneh” tersebut. list bbm pun saya hapus, id ym pun saya hapus, dan tentunya juga melakukan blocking friend pada facebook.

Kesimpulan: saya pribadi sebenar nya tidak terlalu membesar-besarkan masalah TAG, tetapi dengan cara penyelesaian dari penjual seperti itu yang membuat kami pihak pembeli meragukan dan TIDAK AKAN PERCAYA lagi dengan pelayanan dan barang-barang yang dijualnya sekali pun itu ASLI! Untuk penjual, seharus nya Anda profesional melayani pembeli via online. krn di internet sangat di junjung tinggi kejujuran dan profesionalitas dari penjual. Krn sekali lagi pembeli adalah RAJA dan rekan bisnis Anda. Sekali Anda memberikan pelayanan yang fantastis, Anda akan di rekomendasikan dan di ingat terus. Bila Anda mengecewakan sekali saja, MAAF-MAAF aja ya….. transaksi hanya berakhir disini. dan Akan di ingat dan di tulis kejelekkan dari Anda dimana pun.

Foto diatas adalah Crocs FLAT Pink yang saya ambil dari facebook penjual (bukan kondisi crocs yang saya terima).

Sekali lagi, saya sangat puas dengan JAGUNGTURBO.com dan mohon maaf buat JAGUNGTURBO.com krn toko Anda saya gunakan sebagai pembanding dari kasus ini.

TULISAN INI SAYA TULIS DENGAN SEJUJUR-JUJURNYA DAN SEADANYA.

3 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: