The Twilight Saga: New Moon

new-moon-posterUlang tahun kedelapan belas Bella Swan (Kristen Stewart) seharusnya jadi hari yang paling membahagiakan buat gadis cantik ini. Sayangnya karena satu kejadian tak disengaja pada hari itu, Edward Cullen (Robert Pattinson), kekasih Bella, justru malah memutuskan untuk pergi jauh dari kota Forks tempat Bella tinggal.

Edward dan keluarganya adalah vampire yang berusaha untuk mengingkari takdir mereka dengan tidak memangsa manusia. Tapi saat tanpa sengaja bela terluka dan mengucurkan darah, ayah Edward merasa bahwa tak lagi aman buat mereka terus berada di sana. Akhirnya keluarga Edward memutuskan untuk pergi dari kota Fork agar tak terjadi sesuatu yang tak diinginkan semua pihak. Meski berat, Edward terpaksa mengikuti kemauan orang tuanya.

Bella yang merasa patah hati kemudian melampiaskan kemarahannya dengan menjalani hidupnya tanpa memikirkan keselamatannya sendiri. Tak lama berselang, Bella mulai akrab dengan Jacob Black (Taylor Lautner) yang ternyata adalah bangsa werewolf atau serigala jadi-jadian. Dan dalam waktu singkat Bella pun terjebak di tengah permusuhan antara bangsa vampire dan werewolf yang sudah berumur ribuan tahun.

Barangkali hanya orang bodoh saja yang akan menyia-nyiakan peluang emas untuk meraup keuntungan besar. Itulah konsep dasar yang dianut Summit Entertainment saat mengangkat novel sukses Stephenie Meyer ke dalam format layar lebar di tahun 2008 lalu. Tidak ada alasan untuk tidak mengulang sukses yang diraih novel ini dalam format film dan nyatanya TWILIGHT yang menjadi bagian pembuka memang terbilang sangat sukses bahkan sampai mengangkat dua nama, Kristen Stewart dan Robert Pattinson, menjadi idola remaja di seluruh dunia.

Walaupun bagian kedua ini dipercayakan pada sutradara yang berbeda namun konsep yang dianut tetap sama, mengeksploitasi kisah asmara dua orang ‘berbeda’ dan kembali mengumpulkan dolar dalam jumlah banyak. Untuk menjamin alur kisah tetap seragam dengan bagian pertama, Melissa Rosenberg tetap dipertahankan sebagai penulis naskah dan bagian kedua ini bisa dibilang sama sekali tidak menyimpang dari versi novelnya.

Kalau mau jujur, sebenarnya tidak banyak yang dijanjikan film berjudul NEW MOON ini selain memajang dua idola anak muda tadi di layar perak. Dialog tak terlalu meyakinkan sementara alur cerita juga mudah ditebak meski Anda belum membaca novelnya. Soal akting pun tidak ada yang benar-benar bisa disebut brilian dan layak mendapat penghargaan piala Oscar, tapi memang bukan itu tujuan film ini dibuat. Film ini dibuat untuk berlaga di box office.

Secara keseluruhan, ada peningkatan yang cukup signifikan pada sisi visual. Chris Weitz sebagai sutradara sepertinya paham benar kekuatan dari film ini dan karenanya tak mau sektor yang satu ini kedodoran. Walaupun tak akan mendapat piala Oscar untuk akting namun Kristen Stewart tampil lebih bagus ketimbang saat ia bermain dalam TWILIGHT tahun lalu. Dan yang terpenting mungkin adalah chemistry antara karakter Bella dan Jake yang diperankan oleh Taylor Lautner terasa lebih kuat dan sangat membantu film ini secara keseluruhan.

Source: KapanLagi

Leave a Reply

%d bloggers like this: