Mencicipi Windows 7 – Selamat Tinggal Parade Aplikasi Bawaan Windows

Jakarta – Aplikasi bawaan, aplikasi yang langsung tersedia saat instalasi sistem operasi, di Windows 7 tidak ‘semeriah’ Windows Vista. Sebenarnya, perubahan ini lebih bermakna positif daripada negatif.

Bisa jadi, ada dua pandangan mengenai keberadaan aplikasi bawaan. Di satu sisi, ada pengguna yang senang jika sistem operasi yang digunakannya sudah banyak mengandung aplikasi bawaan. Pengguna tipe ini mungkin merasa hal itu seperti beli satu dapat ‘segambreng’.

Namun di sisi lain ada pengguna yang sebenarnya tidak terlalu senang dengan terlalu banyak aplikasi bawaan. Gara-garanya, banyak aplikasi bawaan dirasa memberatkan dan memenuhi hardisk saja, apalagi jika banyak aplikasi itu yang kemudian tidak digunakan.

Di Windows Vista Microsoft boleh dikatakan menyesakkan cukup banyak aplikasi bawaan bersama sistem operasinya. Nah, di Windows 7, agaknya Microsoft berupaya melakukan ‘diet’.

Apa yang ‘Hilang’?

Beberapa aplikasi tak nampak lagi ‘batang hidung’-nya di Windows 7, meskipun di Windows Vista aplikasi-aplikasi ini menjadi aplikasi bawaan. Berikut adalah beberapa di antara aplikasi yang ‘hilang’ tersebut:

Windows Sidebar. Vista memiliki satu aplikasi yang langsung ‘nongol’ dan memenuhi sebagian ruang layar pengguna. Aplikasi bernama Windows Sidebar ini hanya berfungsi untuk menempelkan berbagai Gadgets (aplikasi mini) di Vista. Tanpa Sidebar, kini Gadgets –jika masih mau memakainya– bisa ditebar di Desktop.

Windows Calendar. Aplikasi yang berfungsi untuk organisasi waktu berbasis kalender ini sudah tamat riwayatnya. Meskipun beberapa fungsi kalender/organizer akan bisa didapatkan via aplikasi gratisan Microsoft.

Windows Meeting Space. Sebuah aplikasi untuk kolaborasi bernama Windows Meeting Space yang sejujurnya detikINET tak pernah menemukan kegunaannya. Untung Microsoft sudah menghabisi aplikasi ini.

Windows Ultimate Extras. Dulu, bagi pengguna Windows Vista Ultimate, ada satu bundel aplikasi bernama Extras. Di Windows 7 versi Ultimate, kumpulan aplikasi tambahan ini sudah tak lagi diikutkan.

Tiada Tapi Tak Hilang

Selain aplikasi di atas, ada juga beberapa aplikasi yang sebelumnya terbundel bersama Windows Vista namun tak ada di Windows 7 akan tetapi bia didapatkan kembali. Aplikasi-aplikasi ini bisa didapatkan dengan mengunduh paket bernama Windows Live Essentials.

DetikINET belum mencoba mengunduh paket tersebut, namun berikut adalah daftar beberapa aplikasi yang bisa ‘dikembalikan’ dengan mengunduh paket Windows Live Essentials:

Windows Live Mail. Aplikasi ini akan mengembalikan sebuah aplikasi pengatur email ala Outlook Express di Windows XP. Selain itu aplikasi ini memiliki kemampuan organisasi alamat kontak dan kalender.

Windows Live Messenger. Aplikasi klien untuk pesan instan dari Microsoft. Aplikasi ini menggantikan Windows Messenger atau MSN Messenger.

Windows Live Photo Gallery. Aplikasi ini bisa digunakan untuk manajemen foto dan video di dalam komputer.

Windows Live Movie Maker. Editor file video untuk Windows 7, menggantikan Windows Movie Maker yang dulu ada di Vista dan XP.

Beberapa Aplikasi

Tentunya, Microsoft tidak sepenuhnya meniadakan aplikasi-aplikasi bawaan dari Windows 7. Beberapa yang masih tersisa adalah aplikasi yang relatif lebih sering digunakan oleh pengguna Windows.

Hal-hal seperti games bawaan Windows –termasuk Solitaire, tentunya– masih tersedia di Windows 7. Selain itu, aplikasi umum seperti Wordpad, Paint, Windows Media Player, Internet Explorer dan juga Snipping Tools juga terpaket di dalamnya.

Perubahan cukup nyata bisa dilihat pada aplikasi bawaan Wordpad dan Paint. Kedua aplikasi itu kini memanfaatkan gaya antarmuka Ribbon seperti yang digunakan di Microsoft Office 2007.

Windows Media Player relatif tidak menampakkan perubahan yang drastis. Sedangkan untuk Internet Explorer, tentunya yang dipaketkan adalah IE versi terbaru dari Microsoft.

Perubahan lainnya bisa dilihat pada aplikasi Calculator. Tampilan aplikasi tersebut mengalami perubahan cukup signifikan pada Windows 7, termasuk tambahan fungsi dan kemampuan yang lebih ‘perkasa’.

Beberapa modus yang tersedia pada Calculator di Windows 7 adalah Standard, Scientific, Programmer dan Statistics. Sedangkan fungsi tambahannya termasuk fungsi konversi satuan, hitung tanggal dan juga worksheet.

Secara keseluruhan, berkurangnya aplikasi bawaan di Windows 7 sebenarnya suatu hal yang positif. Ini mencerminkan sikap Microsoft yang tidak lagi berusaha menjejali penggunanya dengan berbagai piranti lunak yang nantinya toh tak akan dipakai.

Apalagi di Windows 7 Microsoft pun menyediakan cara untuk mencopot beberapa aplikasi bawaan yang ada. Termasuk di antaranya adalah Internet Explorer dan Windows Media Player, penggemar Mozilla Firefox pun bisa dengan tenang menjadikan piranti lunak itu satu-satunya browser di komputernya.

Source: DetikInet

Leave a Reply

%d bloggers like this: