TIPS : Batere BB anda

Sedikit mengenai baterei BB anda dan umumnya baterei telepon selular.

Tenaga baterei paling banyak dihabiskan oleh ‘pemancar’ di BB anda. Apabila BB kita banyak me’mancar’kan sinyal (bertelepon, kirim imel, kirim sms, kirim foto dan suara), maka akan cepat habislah baterei BB anda, termasuk juga pemakaian ‘backlight’ (lampu latar di layar BB).

Jika kita berada di daerah ‘no coverage’ (tanpa liputan sinyal operator), ini juga akan memakan banyak energi baterei, karena BB kita akan ‘berusaha’ memancarkan sinyal untuk mencari ‘liputan sinyal’.

Seandainya kita berada di daerah ‘tanpa liputan’, matikan-lah radio pemancar BB anda secara manual.Atau, gunakan ‘OPTIONS’ / ‘Auto On-Off’ untuk menghemat baterei anda.

Menambahkan saja supaya lebih jelas dari www.blackberrygue.com

1. Set brightness pada backlightnya agar tidak terlalu terang.
Masuk ke Options > Screen/Keyboard > Backlight Brightness -> (set tidak
lebih dari 50). Lebih rendah lagi lbh bagus.

2. Set Auto Dim Backlight.
Masuk ke Options > Screen/Keyboard > Auto Dim Backlight -> Settingan ini secara otomatis akan membuat backlight brightness dibawah settingan di atas tadi. Oleh karena itu, set brightness yang barusan serendah mungkin dan buat setting ini menjadi auto pada saat dibutuhkan.

3. Turunkan backlight timeout.
Masuk ke Options > Screen/keyboard > Backlight timeout -> Set menjadi 30 detik atau kalau bisa lebih rendah lagi.

4. Matikan LED indikator.
Masuk ke Options > Screen/Keyboard > LED coverage indicator -> Set ke off.

5. Key tone tidak perlu bunyi kalau memang tidak perlu. Masuk ke Options > Screen/Keyboard > Key tone -> Set ke off.

6. Fitur Getar tidak terlalu tinggi. Masuk ke Profiles > Advance > (Active) > Bila fitur getar (vibrate) digunakan untuk telp, sms, IM, set vibrasinya tidak lebih dari 2. Fitur getar yang sering terjadi ini cukup memboroskan batt.

7. Kita juga bisa mengurangi jumlah beeps. Misalnya set ke 1 tapi volume di set tinggi. Atau beeps nya jadi 2 tapi volumenya sedang.

8. Bikin profil Tone only. Profiles>Advance> (Active) > > Set semua profil Out of Holster menjadi Tone Only. Sedapat mungkin jangan terlalu banyak menggunakan fitur vibrate untuk profil ini. Termasuk untuk LED.

9. Set Email Filters untuk memblokir pesan-pesan yang tidak perlu (junk) yang masuk ke email kita. Semakin sedikit transmisi pesan yang dilakukan ?BlackBerry(R) jelas akan membuat batt ?BlackBerry(R) kita
lebih hemat.

10. Set Wireless ke off bila Anda berada di daerah-daerah yang memang tidak ada jaringan wireless nya.?BlackBerry(R) akan terus mencari sinyal wireless. Ini yang menyebabkan pada jaringan yang kurang bagus, batere kita lebih sering cepat habis.

Source:
Terima kasih dan salam.
(om) GaBi
email: [email protected]
twitter.com/pakdegabi

Leave a Reply

%d bloggers like this: