Bandwidth Internasional XL Digenjot Jadi 1 Gbps

Jakarta – Excelcomindo Pratama (XL) tengah meningkatkan kapasitas bandwidth internasionalnya, dari saat ini sekitar 640 Mbps menjadi 1 Gbps sebelum akhir 2009. Penambahan demi mengantisipasi lonjakan trafik pelanggan.

“Ini karena pertumbuhan penggunaan layanan mobile data XL yang meningkat begitu pesat,” ungkap Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi di sela drive test jaringan, di Grha XL, Jakarta, Jumat (7/8/2009).

XL sendiri memiliki 25 juta pelanggan seluler, dimana 6,1 juta di antaranya menggunakan layanan 3G dan 20 ribunya aktif menggunakan 3G broadband melalui modem data card. Untuk menyalurkan koneksi data internasional mereka, semisal Facebook, Google, dan lainnya, ke perangkat pelanggan, XL sejauh ini telah membangun kurang lebih 18.000 BTS sebagai infrastruktur last mile.

“18.000 BTS itu terbentang sepanjang 11.600 kilometer atau setara sebelas kali panjang pulau Jawa. Ini lebih panjang dibanding jaringan Palapa Ring. Dengan jangkauan seluas itu, kami telah menjangkau 90% populasi penduduk di Indonesia,” pungkas Hasnul.

Sebelumnya dikatakan peningkatan kapasitas bandwidth internasional XL adalah 1 Tbps. Kini, hal itu sudah direvisi menjadi yang seharusnya 1 Gbps. Mohon maaf atas ketidaknyaman yang disebabkan.

Source: DetikInet.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: