Paus Ajak Kaum Muda Kembali ke Gereja Lewat Facebook

paus-facebookVatikan – Paus Benediktus XVI menggunakan jejaring sosial Facebook untuk berdakwah. Melalui media yang ‘berpenghuni’ ratusan juta orang di seluruh dunia itu, Paus mengajak para kawula muda Katolik untuk kembali ke gereja.

Seperti ditulis Reuters, Jumat (22/5/20090), website baru Vatikan yang beralamat di www.pope2you.net menawarkan sebuah layanan yang disebut ‘Paus bertemu Anda di Facebook.’ Layanan ini memungkinkan masyarakat mengakses ucapan-ucapan dan pesan-pesan Paus lewat iPhone atau Ipod.

Ini merupakan pola komunikasi baru yang dijalankan oleh Vatikan. “Kami tahu bahwa gereja yang tidak berkomunikasi akan berhenti hanya sebagai gereja,” kata Sekretaris Departemen Komunikasi Sosial Vatikan, Monsignor Paul Tighe.

Namun layanan Facebook ini tidak menyerupai pada umumnya. Anda tidak akan menerima ‘friend request’ dari Paus atau menulis di wall-nya.

“Orang-orang muda sekarang tidak menggunakan media tradisional seperti koran dan majalah untuk mencari informasi dan hiburan. Mereka mencari budaya media yang berbeda, dan ini adalah upaya kami untuk meyakinkan mereka bahwa gereja hadir dalam budaya komunikasi baru itu,” imbuh Tighe.

Source: DetikInet

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *