Valkyrie

ValkyrieKamis lalu saya nonton Valkyrie di Margo City Depok, rupa nya film ini sangat bagus banget… recomended buat temen2 yg belum nonton deh…. jalan cerita nya bagus dan membuat semua penonton terhanyut mengikuti alur cerita yang begitu menegangkan…. mari kita ikuti resensi film Valkyrie ini….

Dalam pertempuran di Tunisia, Kolonel Claus von Stauffenberg (Tom Cruise) menderita luka parah dan mengharuskannya pulang ke markas Nazi di Jerman. Stauffenberg mungkin tak pernah menyangka bahwa kepulangannya ke Jerman ini justru membawanya ke sebuah rencana kudeta yang tak pernah ia bayangkan.

Stauffenberg kemudian direkrut oleh Jenderal Olbricht (BillNighy) yang sebelumnya sudah merencanakan pembunuhan atas pemimpin Nazi, Adolf Hitler (David Bamber) namun gagal. Kelompok yang menyebut diri mereka German Resistance ini beranggotakan banyak petinggi Nazi yang tak sepaham dengan Hitler dan berencana menghabisi riwayat Hitler sebelum ia membuat kerusakan lebih besar dan membahayakan Jerman.

Kelompok ini sadar bahwa membunuh Hitler tidaklah mudah. Perlu rencana yang matang dan keberanian tinggi untuk mengeksekusi rencana ini. Akhirnya sekelompok petinggi Nazi ini menemukan cara untuk menghabisi Hitler sekaligus menghentikan langkah tentara SS yang sepenuhnya patuh pada Hitler. Mereka bermaksud menggunakan operasi Valkyrie yang dirancang Hitler untuk menghadapi kemungkinan terjadinya kudeta.

Namun tetap saja itu bukanlah sebuah langkah yang mudah karena Stauffenberg harus berada benar-benar dekat dengan Hitler untuk bisa memastikan bahwa target ini berhasil dieksekusi. Film hasil arahan sutradara Bryan Singer ini dibuat berdasar fakta sejarah. Meski di sana-sini masih terjadi sedikit modifikasi, namun secara umum film ini termasuk taat pada kenyataan sejarah.

Cara penyajian film ini pun cukup menarik. Sang sutradara mampu memadu scene demi scene dengan timing yang baik untuk menghasilkan sebuah tontonan thriller sejarah yang menarik. Ini agak sulit karena, bila Anda termasuk orang yang suka membaca cerita sejarah, Anda pasti tahu akhir dari film ini.

Namun tentu saja itu tak lepas juga dari performa akting para bintang pendukungnya. Satu yang cukup menarik justru adalah Tom Cruise. Kalau biasanya aktor ini bermain sebagai tokoh sentral yang mendominasi seluruh film, di sini justru peran utama yang dipegang Cruise terasa lebih ‘membaur’ dengan tokoh-tokoh lain. Malah bisa dibilang peran Cruise dalam film ini tergolong low profile.

Tiap-tiap detail dalam film ini terlihat sangat meyakinkan dan mungkin telah didasari riset panjang sebelum akhirnya dituangkan sebagai sebuah naskah film. Namun meskipun terkesan seperti film dokumenter, namun ada drama di mana sang tokoh utama akhirnya mengalami kehancuran akibat langkah salah yang ia ambil sendiri. Dan inilah yang membuatnya jadi sebuah film berdasar fakta sejarah yang berbeda dari film-film lain yang sejenis. Kalaupun ada yang cukup mengganggu mungkin hanyalah kurang kuatnya motif para pelaku makar ini hingga mereka sanggup melakukan rencana yang sedemikian besarnya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: