Jalur internet dari Asia ke Eropa terganggung

Lagi lagi jalur kabel bawah laut untuk hubungan telepon dan internet terganggu sejak hari Jumat kemarin. Jalur penghubung ke Asia tengah sampai Eropa terganggu karena rusaknya pada jalur antara Mesir dan Itali.
Jalur tersebut membawa lebih dari 75% penghubung dari Asia tengah, Eropa dan Amerika. Kejadian sebelumnya pada bulan Janiari juga pernah terganggu ketika kabel serat optik tersangkut jangkar kapal karena cuaca buruk.

Koneksi Vodafone group PLC di Mesir terkena dampak gangguan tersebut.
Verizon Com sebagai perusahan nomor 2 telecom Amerika telah memindahkan jalurnya dari Asia tengah ke Eropa dan Amerika. Dampak pemindahaan tersebut membuat kecepatan tranfer data menurun sampai separuh, perbaikan diperkiraan baru selesai dalam 1 minggu kedepan.
Perusahaan Portugal Telecom juga mengarahkan jalur mereka ke area yang tidak terganggu. Beruntung untuk Portugal Telecom hanya berdampak sangat kecil, dan memindahkan jalur komunikasinya ke arah lain.
France Telecom atau si Orange Mobile mendapat gangguan sampai 55% menurunnya trafik suara ke daerah Arab Saudi, 52% untuk Mesir dan 82% untuk jalur ke India bahkan sempat terputus.

Sekarang komunikasi untuk ke kota Mumbai dan London telah berputar ke arah Hongkong.

Kabel SMW4 atau dikenal SEA-ME-WE untuk komunikasi kabel optik di Asia tengah, menghubungkan 12 negara seperti Pakistan, Singapura, Indonesia, Malaysia, Bangladesh, India, Sri Lanka, Arab Saudi, Mesir, Italia dan Perancis. Saat ini tahap perbakian akan dilakukan, dan kembali normal pada 31 Desember.

Source: http://www.obengware.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: