Smart Telecom – Jump – Alternatif Internet CDMA

By | November 18, 2008

Ok seperti janji saya di post sebelum nya… mari kita bahas mengenai Smart Telecom yang pada pameran Indocomtech 2008 lalu meluncurkan produk “Jump” yaitu akses internet CDMA yang menggunakan jalur data CDMA200 1x EV-DO Rev. A. Kalau berbicara akses internet CDMA, saat ini di jakarta ada beberapa pilihan dari Starone, Mobile-8, Flexi, Esia… dan kalau berbicara akses internet CDMA dengan teknologi EV-DO, saya langsung teringat dengan mobile-8 yang sudah lama meluncurkan akses data ini. Tetapi sayang nya tidak ada paket unlimited maupun timebased.

Mereka hanya menyediakan paket dengan berdasarkan volume yang kita download dan upload. ok kita balik ke Smart Telecom, pada saat saya ke booth nya, wah tampak banyak orang yang ingin melihat dan mencoba langsung koneksi internet. Sebelum nya memang saya sudah membaca2 mengenai koneksi internet ini melalui milis dan forum. tetapi tetep saja kurang sah kalo gak di samperin dan tanya-tanya langsung. Pertama2 saya menanyakan mengenai paket-paket yg ditawarkan.

Saat saya bertanya mengapa tidak ada starter pack nya, mereka langsung menjawab dengan jelas mengenai teknolgi yg mereka gunakan. Karena EV-DO Rev. A ini adalah satu-satu nya yg baru ada atau di implementasi di publik indonesia. jadi gak heran kalo modem nya masih jarang sekali atau bahkan tidak ada yg menjual nya. Setelah dia menjelaskan itu, ya sudah saya bertanya mengenai modem yg di tawarkan. ada 2 yaitu dengan menggunakan interface USB. Hanya saja fisik nya yg berbeda. yg pertama agak cukup besar, hampir setara besar hdd 2.5 inch lalu dengan kabel USB, modem ini menggunakan battery sebagai daya untuk menghidupkan modemnya. dan 1 lagi modem seperti flashdisk tetapi menggunakan daya dari komputer bersangkutan.

Kata yg berbicara dengan saya waktu itu begini, modem yg menggunakan battery lebih baik dari pada yg tidak menggunakan battery. karena dia gak mengambil daya sama sekali dari laptop atau pc, dan lebih baik dalam menangkap signal. Setelah saya tertarik dengan koneksi ini, saya berlanjut menanyakan mengenai Coverage Area.

Kemarin saya antri 1-2 orang untuk melihat coverage area pada laptop yg tersedia. Rupa nya Citra Gran Cibubur masuk kedalam coverage area EV-DO Rev. A yaitu dengan kecepatan maksimal download 3.1 mbps dan upload 1.8mbps. Wow… saya terkagum2 dengan kesiapan operator ini dalam melayani pelanggan baru nya, dan bisa di bilang meraka baru dalam pemain koneksi data. pada peta di jelaskan bahwa ada pembagian 3 warna, mirip seperti pembagian pada GSM, yaitu GPRS/EDGE, 3G, HSDPA. mungkin itu yg bisa saya share saat ini…untuk informasi lebih lanjut mengenai paket dan penawaran mereka, bisa di lihat langsung di website nya di http://www.nge-jump.com/. o iya.. saya bukan orang nya meraka… jadi jgn bertanya mengenai teknis sekali dan komplain :)

Be Sociable, Share!

309 thoughts on “Smart Telecom – Jump – Alternatif Internet CDMA

  1. damayanti

    Kepada semua konsumen yang mengalami tindak pendzoliman dan penipuan yang dilakukan oleh SMART TELECOM (sekarang menjadi SMARTFREN), dengan segala hormat bersama ini dihimbau untuk melakukan aksi pemboikotan dan pemuatan berita /pengaduan di media-media, baik di media cetak, media elektronik, maupun media internet, serta pengaduan /pelaporan ke YLKI, dan fihak berwajib (Kepolisian dan Kejaksaan). Karena disamping pelayanan Customer Sevice yang sangat buruk, provider satu ini juga ditengarai berimplikasi melakukan penipuan terhadap para konsumen maupun calon konsumen.
    Adapun bentuk pelanggaran, pelayanan yang buruk, dan penipuan yang dilakukan fihak SMART /SMARTFREN secara umum adalah:
    1.Spesifikasi layanan tidak sesuai dengan yang deberikan kepada konsumen (misalkan konsumen membeli jasa internet dengan kecepatan 153,6 kbps, sedangkan yang didapat oleh konsumen tersebut tak lebih hanya 1 s/d 3 kbps saja, bahkan seringnya adalah 0.8 kbps, serta tak jarang disconnected /hubungan terputus). Dan setiap kali apabila kita sudah memprotes keras kejadian itu, barulah ada perbaikan hingga mencapai 10 s/d 14 kbps (walaupun itu masih jauh dari yang seharusnya). Itupun hanya sementara saja, karena keesokan harinya ataupun lusanya akan buruk seperti semula lagi, dan apabila konsumen memprotes keras, baru diberi 10 s/d 14 kbps lagi. Begitu seterusnya. Dan apabila konsumen sekedar melapor saja (tidak memprotes keras), jangan berharap akan ditanggapi dan ditindaklanjuti. Ini benar-benar sudah keterlaluan….!
    2. Keluhan konsumen ke Customer Service tidak ditindaklanjuti dengan semestinya, dan hanya memberikan berbagai excuses /alasan-alasan yang dicari-cari saja, bahkan manakala dia tidak mampu memberikan jawaban lagi, sekonyong-konyong hubungan telefon diputus secara sefihak. Ini jelas adalah bentuk dari pelecehan terhadap konsumen serta arogansi dan kesewenang-wenangan fihak SMART.
    Oleh karenanya, sebagai konsumen yang hak-hak dasarnya dirampas, ditipu, dirugikan, serta dilecehkan, harap segera melakukan tindakan nyata atas kejahatan yang bisa dikategorikan kriminal ini dengan melakukan boikot dan pemberitaan di semua media sebagaimana yang disebutkan diatas.
    Dan kepada fihak SMART /SMARTFREN atau apapun namanya, segeralah melakukan koreksi dan pembenahan internal baik kebijakan perusahaan maupun pencerahan terhadap para petugas lapangan yang menjadi front-liner. Serta berhentilah melakukan penipuan! Apa yang anda jual itu sungguh tidak sesuai dengan apa yang didapat oleh konsumen (spesifikasi kecepatan koneksi internetnya yang dijanjikan sangat jauh dengan apa yang didapat oleh konsumen). Bertobatlah wahai penjahat ekonomi…!!!!
    Atau jangan-jangan……SMART-TELECOM memang niatnya hanya untuk menipu saja, lantas menyerahkan resiko untuk berhadapan dengan complain konsumen kepada petugas Customer Service..??
    Mohon kepada fihak-fihak berwajib yang berwenang dalam melindungi konsumen /masyarakat (YLKI, Polisi, Kejaksaan) kiranya dapat mengambil tindakan tegas terhadap provider seluler yang terbukti telah banyak merugikan masyarakat ini.

    Reply
  2. benny

    ga ada bro yang bisa ngalahi EVDO….. coba di daerah gw…Delta mas Cikarang Bekasi kecepatan Download 510kbps/sec. itu minimal……

    Reply
  3. yosan

    aq tinggal di cikarang…
    jujur nih…
    aq pilih smart drpd im2…
    swear….
    smpe skrng .. ga ada mslh tuh..
    bs eceran lg … 3000 rb / day
    he..hhe..

    Reply
  4. benny

    gw puaaaaaaaaaaaaaaaas banget pake modem smart haier CE100..
    ga ada yang nyaingin… gw coba pake download sampe 500 kbps..
    upload 200kbps

    Reply
  5. pengamat

    hehehehehe untuk yang ngaku masih kenceng tunggu aja setelah mereka swap perangkat,………………..

    Reply
  6. robby

    saya mau minta tolong teman2x ada yang tan peta lokasi bts smart, saya dicipageran atas sinyalnya lemot, ini dah pake antena yagi. dah cape muter2x tiang antena. thank

    Reply
  7. sindhu

    koq di pake main game online gak bisa lagi ??
    pada hal kmrn bisa ,, ada apa ya ??

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *