Smart Telecom – Jump – Alternatif Internet CDMA

Ok seperti janji saya di post sebelum nya… mari kita bahas mengenai Smart Telecom yang pada pameran Indocomtech 2008 lalu meluncurkan produk “Jump” yaitu akses internet CDMA yang menggunakan jalur data CDMA200 1x EV-DO Rev. A. Kalau berbicara akses internet CDMA, saat ini di jakarta ada beberapa pilihan dari Starone, Mobile-8, Flexi, Esia… dan kalau berbicara akses internet CDMA dengan teknologi EV-DO, saya langsung teringat dengan mobile-8 yang sudah lama meluncurkan akses data ini. Tetapi sayang nya tidak ada paket unlimited maupun timebased.

Mereka hanya menyediakan paket dengan berdasarkan volume yang kita download dan upload. ok kita balik ke Smart Telecom, pada saat saya ke booth nya, wah tampak banyak orang yang ingin melihat dan mencoba langsung koneksi internet. Sebelum nya memang saya sudah membaca2 mengenai koneksi internet ini melalui milis dan forum. tetapi tetep saja kurang sah kalo gak di samperin dan tanya-tanya langsung. Pertama2 saya menanyakan mengenai paket-paket yg ditawarkan.

Saat saya bertanya mengapa tidak ada starter pack nya, mereka langsung menjawab dengan jelas mengenai teknolgi yg mereka gunakan. Karena EV-DO Rev. A ini adalah satu-satu nya yg baru ada atau di implementasi di publik indonesia. jadi gak heran kalo modem nya masih jarang sekali atau bahkan tidak ada yg menjual nya. Setelah dia menjelaskan itu, ya sudah saya bertanya mengenai modem yg di tawarkan. ada 2 yaitu dengan menggunakan interface USB. Hanya saja fisik nya yg berbeda. yg pertama agak cukup besar, hampir setara besar hdd 2.5 inch lalu dengan kabel USB, modem ini menggunakan battery sebagai daya untuk menghidupkan modemnya. dan 1 lagi modem seperti flashdisk tetapi menggunakan daya dari komputer bersangkutan.

Kata yg berbicara dengan saya waktu itu begini, modem yg menggunakan battery lebih baik dari pada yg tidak menggunakan battery. karena dia gak mengambil daya sama sekali dari laptop atau pc, dan lebih baik dalam menangkap signal. Setelah saya tertarik dengan koneksi ini, saya berlanjut menanyakan mengenai Coverage Area.

Kemarin saya antri 1-2 orang untuk melihat coverage area pada laptop yg tersedia. Rupa nya Citra Gran Cibubur masuk kedalam coverage area EV-DO Rev. A yaitu dengan kecepatan maksimal download 3.1 mbps dan upload 1.8mbps. Wow… saya terkagum2 dengan kesiapan operator ini dalam melayani pelanggan baru nya, dan bisa di bilang meraka baru dalam pemain koneksi data. pada peta di jelaskan bahwa ada pembagian 3 warna, mirip seperti pembagian pada GSM, yaitu GPRS/EDGE, 3G, HSDPA. mungkin itu yg bisa saya share saat ini…untuk informasi lebih lanjut mengenai paket dan penawaran mereka, bisa di lihat langsung di website nya di http://www.nge-jump.com/. o iya.. saya bukan orang nya meraka… jadi jgn bertanya mengenai teknis sekali dan komplain :)

309 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: