Menanti revolusi EV-DO (Bag-1)

Gak tau ini informasi beneran atau enga…. tadi saya dapat link dari milis dan forum-forum… yg isi berita nya sebagai berikut.

[code]Menanti revolusi EV-DO (Bag-1)

Monitor Depok 03-11-2008 – Algooth Putranto
Hukum Moore menyebutkan seiring penemuan silikon teknologi komunikasi akan semakin cepat usang. Dalam dua pekan terakhir pengguna internet Indonesia bakal kembali dikejutkan oleh teknologi terbaru yang akan muncul di Indocomtech.

MONDE menjadi media yang mendapatkan informasi awal perihal kemunculan revolusi teknologi berbasiskan Evolution-Data Optimized atau Evolution-Data (EV-DO). Artinya dalam waktu dekat paket internet secara mobile akan makin murah.

EV-DO atau EVDO adalah standard telekornunikasi untuk tranmisi data wireless melewati sinyal radio, secara spesifik untuk akses Internet broadband. EVDO menggunakan teknik multiplexing termasuk CDMA (Code Division Multiple Access) sebaik Time Division Multiple Access (TDMA) untuk memaksimalkan penggunaan baik secara individu ataupun keseluruhan sistem.

EVDO telah memiliki standard dari 3rd Generation Rartnertship Project 2 (3GPP2) sebagai bagian standard keluarga CDMA2000, dan telah diadopsi oleh banyak provider telepon mobile dari seluruh dunia khususnya mereka yang bekerja dalam jaringan CDMA. Teknologi ini digunakan juga oleh jaringan satelit telepon Globalstar.

EVDO didesain sebagai evolusi dari standard CDMA2000 (IS-2000) yang disupport dengan kecepatan data dan dapat disebarkan oleh layanan wireless. Channel EVDO memiliki bandwith 1,25MHz, bandwith yang seukuran dengan penggunaan IS-95A (IS-95) dan IS-2000 (IxRTT). Struktur channelnya, di sisi lain, sangat berbeda. Apalagi keseluruhan jaringannya acket-based, dan itu tidak dibatasi oleh batasan yang biasa ada dalam jaringan circuit switched. Fitur EVDO, jaringan CDMA2000, telah menyediakan akses ke mobile device dengan kecepatan interface link forward 2,4 Mbit/s dengan Rev.O dan sampai dengan 3.1 Mbit/s dengan Rev.A. Reverse link untuk Rev.O dapat beroperasi sampai dengan 153 kbit/s, sementara itu Rev.A dapat beroperasi sampai dengan 1.8 Mbit/s.

EVDO didesain untuk mengoperasikan end-to-end sebagai jaringan dasar IP, sehingga dapat mendukung aplikasi lain yang dapat beroperasi dalam jaringan dan batasan bit rate.

Ada beberapa revisi standar, dimulai dengan revisi 0 (Rev.O). Ini diperlebar dengan revisi A untuk mendukung Qos dan rating lebih tinggi dalam forward link dan reverse link. Kemudian pada tahun 2006 revisi B dipublikasikan dengan segala kelebihan yang ada didalamnya untuk mencapai standar yang lebih tinggi dan memperendah keterlambatan.

Peningkatan dari EV-DO rev A ke EV-DO rev B termasuk perkembangan software pada cell site modem, dan perlengkapan tambahan untuk EV-DO yang baru. Operator CDMA2000 yang sudarj ada juga boleh mengubah saluran IxRTT yang sudah ada ke frekuensi yang lain, sejak Rev B memerlukan semua DO carriers dalam 5 MHz.

T1A-856 Rev 0
Bentuk pertama EV-DO dikembangkan oleh Qualcomm pada 1999 guna memenuhi persyaratan IMT-2000 (International Mobile Telecommunications) yang lebih besar daripada 2 Mbit/second downlink untuk komunikasi yang tak bergerak. Awalnya, ukuran ini dianggap HDR (High Data Rate).

Diberi nama kembali IxEV-DO setelah diratifikasi oleh International Telecommunication Union (ITU) dan diberi inisial TIA-856. Sebenarnya IxEV-Do digunakan untuk “Ix Evolusi data saja ” dan merujuk pada evolosi langsung dari 1X(IxRTT) standart penghubung, dengan channel yang ada pada data traffic saja.

Panggilan untuk IxEV-DO standar dokumen adalah ”CDMA 2000”. Sebagai CDMA 2OOO merupakan nama lain untuk Ix standart, dengan inisial angka TIA 2000

Nantinya, ada kemungkinan negatif konotasi dari kata “saja”, “DO” merupakan bagian dari standart nama IxEV-DO akan berubah menjadi “Data optimalisasi”. Jadi EV-DO saat ini untuk “evolusi data optimalisasi”, Ix prefix telah di drop oleh berbagai pilihan dan dipasarkan sederhana seperti EV-DO.

hasil kliping korannya

Code:
http://img60.imageshack.us/my.php?im…8mondebyt1.jpg
ada yg udah punya infonya[/code]

One Response

Leave a Reply

%d bloggers like this: