The X-Files: I Want to Believe

Kemarin saya baru nonton lagi….. sebener nya gak ada rencana buat nonton… ke citos sebener nya mo beli makanan hamster…. hari senin kmrn nya kelupaan beli.. jadi yah kmrn saya harus balik lagi ke citos deh… ok kita mulai review filmnya…. Enam tahun telah berlalu sejak divisi FBI yang melibatkan agent Fox Mulder (David Duchovny) dan Dana Scully (Gillian Anderson) dibubarkan. Kali ini FBI kembali dipusingkan oleh kejadian hilangnya salah satu agen FBI secara misterius. Satu-satunya petunjuk hanyalah potongan tangan yang terkubur dalam salju yang ditemukan FBI saat melacak jejak penculik ini. Merasa putus asa, agent Mosley Drummy (Alvin “Xzibit” Joiner) kemudian menghubungi Scully untuk mencari tahu keberadaan Mulder. Walaupun sempat menolak, Scully akhirnya setuju untuk mencari Mulder.

Scully akhirnya berhasil menemukan Mulder yang berusaha menghindar dan menyendiri. Dengan susah payah akhirnya Scully berhasil membujuk Mulder untuk membantu FBI menemukan agen FBI yang diculik ini. Penyelidikan kemudian mengarah kepada Father Joseph Fitzpatrick Crissman (Billy Connolly) seorang mantan pastur yang mengaku bahwa ia memiliki kemampuan untuk melihat hal-hal yang tak mampu dilihat orang biasa. Awalnya Scully tak percaya dengan pastur yang punya masa lalu kelam ini namun karena Mulder bergitu mempercayai kemampuan Father Joe, mau tak mau penyelidikan akhirnya harus melibatkan Father Joe. Mampukah ketiga orang ini menguak misteri hilangnya para wanita itu? Benarkah ada campur tangan makhluk ruang angkasa dalam kasus misterius ini?

Film layar lebar kedua dari serial televisi THE X-FILES ini memiliki rentang waktu yang lumayan panjang dari film layar lebar pertamanya. Namun dalam film ini, sang sutradara masih tetap mempercayakan tokoh 2 orang agen FBI yang sering berhadapan dengan kasus-kasus aneh ini pada David Duchovny dan Gillian Anderson. Ada sedikit perbedaan tema dari film pertamanya. Bahkan film ini bisa dibilang tak ada sangkut pautnya baik dengan serial televisinya maupun dengan film layar lebar pertamanya. Beberapa fakta seperti hubungan pribadi antara Mulder dan Scully masih tetap dipertahankan oleh sang sutradara namun ide keseluruhan dari film ini sudah terlepas dari trade mark THE X-FILES. Kali ini tak ada lagi makhluk angkasa luar atau isu-isu mengenai UFO seperti yang menjadi tema utama serial TV-nya. Sebagai gantinya, sang sutradara dan penulis naskah memasukkan unsur fenomena spiritual sebagai dasar berpijak dari jalan cerita. Sebagai tambahan, ada beberapa isu sosial seperti pedofilia yang juga dimasukkan dalam film ini.

Sesuai dengan judulnya, I WANT TO BELIEVE, film ini juga meninggalkan banyak pertanyaan tentang moralitas dan bukan cuma peperangan antara kebaikan melawan keburukan. Sayangnya, jalan cerita film ini jadi terasa kurang ‘menggigit’. Bisa jadi karena isu tentang fenomena spiritual tak lagi jadi trend atau penataan scene yang kurang mampu memacu adrenalin. Tapi secara umum, film ini juga tak bisa dibilang jelek. Akting Billy Connolly yang menggambarkan seorang yang memiliki penyesalan yang dalam tentang masa lalunya berjalan cukup mulus. Sementara David Duchovny dan Gillian Anderson mungkin sudah tak perlu lagi beradaptasi jika mengingat mereka memegang peran yang sama selama 9 season dalam serial TV-nya. Btw, semua review film ini diambil dari beberapa referensi website…. untuk melihat official website, dapat dilihat di http://www.xfiles.com/

Leave a Reply

%d bloggers like this: