Kung Fu Panda

Po (Jack Black) adalah seekor panda yang terobsesi menjadi pendekar kung fu pembela kebenaran seperti dalam kisah-kisah klasik Cina. Sayangnya, bekerja pada restoran mi di kota kecil tempat Po tinggal tidak banyak membantu obsesi Po ini. Namun siapa sangka bahwa sejarah akan segera berubah. Master Oogway (Randall Duk Kim) memberi tahu Master Shifu (Dustin Hoffman) bahwa ia melihat pertanda bahwa seorang pendekar jahat bernama Tai Lung (Ian McShane) berhasil meloloskan diri dari penjara dan saatnya telah tiba untuk memenuhi ramalan kuno bahwa seorang Pendekar Naga akan datang untuk mengalahkan Tai Lung. Namun sampai saat itu belum ada seorang pun yang cocok dengan ramalan tersebut.

Akhirnya Master Oogway dan Master Shifu berencana untuk memilih calon Pendekar Naga ini dari warga sekitar tempat itu. Hari pemilihan pun ditentukan. Semua orang datang berbondong-bondong untuk menyaksikan pemilihan ini. Po yang sangat tergila-gila pada kung fu pun tak melewatkan kejadian besar ini. Sesampainya di sana, Po terlambat dan tak diijinkan masuk. Dengan segala macam cara Po berusaha masuk untuk melihat kejadian penting ini. Dan tak disangka-sangka, ternyata Master Oogway memilih Po sebagai calon Pendekar Naga yang akan menyelamatkan negeri mereka dari kehancuran.

Master Shifu dan kelima muridnya, Tigress (Angelina Jolie), Crane (David Cross), Mantis (Seth Rogen), Viper (Lucy Liu) dan Monkey (Jackie Chan) menganggap bahwa Master Oogway telah salah pilih karena tak mungkin Po adalah Pendekar Naga yang ada dalam ramalan kuno itu. Po bahkan sama sekali tak bisa kung fu. Bagaimana mungkin ia mengalahkan Tai Lung. Namun Master Oogway bersikeras bahwa ia tak mungkin salah pilih. Film ini bisa jadi adalah film animasi yang tidak hanya bisa dinikmati anak-anak. Walaupun ide cerita masih tak jauh dari film-film kung fu klasik era Bruce Lee, namun kehadiran Dustin Hofman dan Jack Black mampu membawa suasana segar dalam humor-humor mereka.

Action yang disuguhkan pun bisa dibilang memukau. Koreografi kung fu yang disajikan mengingatkan pada karya-karya Yuen Wo-ping yang legendaris itu. Sayangnya penampilan Po yang disuarakan oleh Jack Black justru sedikit tenggelam saat beradu akting dengan Shifu yang suaranya diisi oleh Dustin Hofman. Tapi secara keseluruhan suara pengisi yang dibawakan oleh aktor dan aktris papan atas Hollywood ini cukup menyatu dengan karakter animasi mereka. Satu yang bisa digaris bawahi mungkin adalah bahwa penampilan Jack Black justru lebih bagus saat mengisi suara bila dibanding saat ia membintangi film non animasi. http://www.kungfupanda.com/

Leave a Reply

%d bloggers like this: