Kereta Hantu Manggarai

Usai sejenak dunia perfilman Indonesia dimanjakan dengan film-film religi dan komedi dewasa, kini horor kembali lagi. Kereta api Jabodetabek yang penuh dengan hantu telah menjadi legenda. Dan kali ini Rapi Films mengangkat urban legend tersebut ke film layar lebar. Kisah bermula dari kakak beradik, Rossa (Sheila Marcia Joseph) dan Emily (Stefanie Hariadi), yang tak akur. Mereka kerap kali bertengkar. Hingga puncaknya pada suatu malam mereka bertengkar hebat yang berakhir dengan perginya Emily dari rumah untuk menginap di rumah kerabat mereka di Bogor. Sayangnya, Emily tak pernah sampai di Bogor, dia hilang. Menurut informasi, Emily ke Bogor dengan menumpang kereta Jabodetabek dari stasiun Manggarai.

Merasa bersalah, Rossa pun mencari adik semata wayangnya itu. Rossa yang resah pun menceritakan hal itu pada sahabatnya, Tari (Nadila Ernesta). Tari menaruh curiga, Emily dibawa kereta hantu. Dia pun memperkenalkan Rossa pada Bobby (Melvin Lim), orang yang menjalankan situs ‘Dunia Gaib’ dan sangat terobsesi dengan kereta hantu. Konon, kekasih Bobby meninggal secara tragis akibat naik kereta hantu. Rossa yang tak percaya hal-hal berbau mistik menolak ajakan Bobby untuk naik ke kereta hantu. Selain mencari tahu tentang Emily, tujuan Bobby naik kereta itu adalah untuk menghapus rasa penasaran Bobby tentang kereta yang menjadi legenda itu. Akhirnya Bobby mengajak kedua temannya Dody dan Peggy untuk menaiki kereta hantu dibantu oleh Ki Anom, seorang paranormal. Di stasiun Manggarai mereka melakukan ritual. Setelah muncul, mereka akhirnya menaiki kereta hantu tersebut. Berbagai peristiwa mengerikan terjadi selama mereka di atas kereta hantu. Akhirnya, mereka selamat berkat pertolongan Ki Anom.

Apa yang terjadi di dalam kereta hantu rupanya terus meneror dan mengikuti mereka satu per satu, terutama sosok hantu yang paling mengerikan. Satu demi satu mereka tewas dan Rossa juga kerap mengalami penampakan. Dapatkah Emily ditemukan? Bagaimana nasib Rossa? Secara umum, film karya Nayato Fio Nuala ini kalah seram dengan film horor yang telah beredar. Tak ada yang istimewa, hantunya pun sudah biasa tampil di film horor Indonesia, yaitu perempuan jelek yang ga serem sama sekali. Tapi penampilan artis-artisnya dengan baju ‘seadanya’ cukup menyejukkan mata. Meski hal itu sama sekali tidak masuk akal, karena wanita waras tak akan berani mengambil resiko naik kereta ekonomi, malam-malam pula, dengan baju seketat dan seminim itu.

Leave a Reply

%d bloggers like this: